Berita

Sekda Torut Buka Konsultasi Penanggulangan Bencana

RANTEPAO, INIKATA.com–  I Church World Service (CWS) yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara (Torut) mengelar Konsultasi Publik Peraturan Bupati (Perbup) Tentang penanggulangan Bencana Torut, di salah satu rumah makan, di Rantepao, Selasa (14/11/2017).

Pelaksana Kegiatan Program Oficer CWS Torut, Rinto Lopang saat ditemui diselah-selah kegiatan Konsultasi Publik mengatakan, pedoman dengan muatan peran Tugas, Fungsi dan kedudukan masing masing Stakeholder yang terlibat telah diatur dalam sistim informasi bencana  dan SOP Kedaruratan BPBD Torut.

“Kegiatan ini merupakan Solidaritas yang dilaksanakan CWS yang menggandeng kerjasama dengan LSM Lokal (Yayasan Inanta) dan didanai oleh DFAT  Keduataan Australia di Jakarta,” ungkapnya.

Kata Rinto, penguatan tanggap Darurat bencana yang Efektif  dilaksanakan di Torut selama  2 Tahun dengan pertimbangan Toraja Utara termasuk Zona Merah yang Rawan bencana  Longsor.

Sementara, Kegiatan Konsultasi Publik dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Torut Roni Rede Bare. dihadiri para peserta yang terdiri dari Stocholder Penangulangan Bencana. Adapun Materi dan sesi Tanya jawab yang diberikan para peserta yang dibawakan Nara sumber dari CWS dan BPBD Toraja Utara.

Sebelumnya, Dalam Workshop pengembangan SIB para peserta, Telah disepakati beberapa hal rencana kerja, dan rencana akan ditindak lanjuti,. Pertama Indentifikasi sumber data yang dibutuhkan dalam pengembangan SIB, Indentifikasi OPD leading sektor serta tugas pokok masing masing dan Rancangan konsep Organisasi pelatihan serta  pengelolahan SIB serta penyusunan SOP dan Tata cara SIB.(**)